Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Di Hadapan Tuhan Ada Banyak Posisi Untuk Setiap Kita. Namun Hanya Ada Satu Status: Pelayan!

Kamis, 25 Juli 2024


(Pekan Biasa XVI, St Yakobus - Rasul)

Bacaan I 2Korintus 4:7-15

Mazmur Tanggapan Mzm 126:1-2ab.2cd-3.4-5.6

(Ref: Yang menabur dengan mencucurkan air mata akan menuai dengan bersorak-sorai)

Injil Matius 20:20-28

"Tidaklah demikian di antara kamu....!" Mat 20:26
(Non ita erit inter vos...)


DI HADAPAN TUHAN ADA BANYAK POSISI UNTUK SETIAP KITA. NAMUN HANYA ADA SATU STATUS: PELAYAN!


Baca juga yang ini;  DITOLAK NAMUN TAK PERNAH BOLEH MENOLAK


Tengoklah ke dalam di seputar arus relasi di antara kita.......

KITA acapkali bersilangan rasa atau bertaruhan dalam sikap dan dalam geliat aksi-reaksi. Terkadang nyata dalam hal yang sepele. Tetapi, tentu, bertarung juga hingga pada hal-hal yang 'menjurus serius.' Unjuk rasa diri demi lebih besar dan lebih penting serta tak ingin mengalah yang bijak sering menempel di hati.

Sebenarnya.....

SEMUA silang selisih itu acap terlahir demi berkibarnya umbul-umbul popularitas atau pencitraan. Juga karena demi sebuah 'singgasana dan mahkota kekuasaan.' Sebenarnya, di balik semua itu, ada kepentingan yang diperjuangkan. Entah itu diam tersembunyi atau samar-samar ataupun terang-terangan.

Baca juga yang ini; Pojok KITAB SUCI; Dendam dan Benci Menjarakkan – Kasih dan Pengampunan itu Mempertemukan

Memang....

TAK ada yang salah bagi siapapun demi terbilang di jajaran depan. Untuk didaulat jadi orang 'besar, jadi orang pertama, untuk jadi pejabat, atau orang yang berkedudukan, punya ajudan atau dikawal voorijder di jalanan umum. Bagaimana pun, syukurlah bila itu dipandang sebagai medium atau sarana demi pengabdian. Iya, demi pembaktian diri untuk hal atau nilai yang lebih meluas. Terhitung dalam paket demi posisi 01 dan 02, atau demi sisi kiri dan sisi kanan bukanlah sebuah skandal. Tak ada yang salah....


Namun, marilah terbuka mata hati pada suara injili....

YESUS mesti ingatkan keras para muridNya. Soalnya? Mereka itu lagi ribut-ribut. Itu karena soal ambisi tak terbendung demi posisi kunci dalam ada bersama Yesus kelak. Reaksi Yesus sekian tegas! "Tidaklah demikian di antara kamu." Seturut Yesus, yang bersemangat ingin jadi pembesar dan terkemuka, sepantasnya 'ia jadi pelayan dan hamba' dari semua.

Untuk kita....?

DALAM kebersamaan di level manapun, tentu tantangan bakal tetap dihadapi. Katakan saja antara jadi 'pembesar yang mesti melayani atau kah mau jadi petinggi yang berselera besar untuk dilayani atau ingin dimudahkan dalam segala keinginan.

Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik;  Lebih Dari Yang Sekedar Batas Dan Biasa-Biasa

Bagaimana pun

DALAM semangat Yesus, semua kita tetaplah dipanggil untuk menjadi pelayan dan hamba.' Semuanya demi hidup di bumi yang beradab dan demi masyarakat dunia yang semakin bercitra. Itulah panggilan injili dan spirit kemuridan bagi semua kita

Dan kita pun jadi maklum...

AKHIRNYA, tak perlu harus sampai jadi 'yang pertama atau pembesar' untuk kemudian punya kesempatan untuk melayani. Biarlah cukupkan diri dengan semangat rela berkorban, kesetiaan, dan penuh kepedulian akan sesama.

Dan....

DI SITULAH kita sanggup hadir sebagai yang pertama dan utama 'di sisi kiri - sisi kanan Yesus, Hamba sekaligus Tuhan dari semua hamba Allah.' Semua kita....

Baca juga yang ini; KSP CU Florette Menyediakan Pinjaman Usaha Bagi Petani Agrobisnis Dengan Bunga Rendah

Verbo Dei Amorem Spiranti
St Yakobus, Rasul, doakanlah kami.
Tuhan memberkati. 
Amin

Pater Kons Beo, SVD

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
  1. Pendiri SVD        :  1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN


Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran.

Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.




Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023. 




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar