Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Tuhan Selalu Melampui Apa Yang Kita Sangkakan

Selasa, 16 Januari 2024
(Pekan Biasa II - St Berardus dkk, St Honoratus, St Josef Vaz, St Pricilla dr Roma, St Marcellu-Paus ke 29)


Bacaan I 1Sam 16:1-13
Mazmur Tanggapan Mzm 89:20.21.22.27-28
(Ref: Aku telah mendapat Daud, hambaKu)

Injil Markus 2:23-28


"Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah"

1Sam 16:7



TUHAN: SELALU MELAMPAUI APA YANG KITA SANGKAKAN




PERTIMBANGAN itu memanglah mesti dibuat. Sebab, tak serta merta satu keputusan diambil begitu saja. Ia mesti ditelisik dalam berbagai sudut pandang.


Ayo baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; MENJADI Orang Terhormat Di Mata Tuhan Adalah Harapan Kita



TENTU, setiap orang punya pertimbangan tersendiri. Atas dasar pikiran ini dan itu. Belum lagi dengan segala risiko dari keputusan itu. Karena toh, mesti dijalankan.




TETAPI, pada umumnya, pertimbangan yang menjurus kepada keputusan itu sulit terpisah dari sisi kelayakan. Pantaskah seseorang, dia ini atau dia itu, didaulat untuk satu tanggungjawab tertentu?



Ayo baca juga yang ini; Satu Permenungan Iman Katolik Khusus di Hari Minggu; Tugas Kita,Membawa Sesama Kepada Tuhan


TETAPI pula, ingatlah, bahwa satu keputusan pun tak luput dari 'bau-bau kepentingan tertentu.' Dan itu bisa menjurus pada kepentingan atau nama besar pribadi atau pun kelompok. Pendapat, sikap, pun keputusan itu sungguh berujung risiko. Bila dihubungkan dengan sisi keuntungan, maka sering satu keputusan tak selamanya ada di jalan mulus. Karena bisa tersendat pada jawaban atas pertanyaan: apa untungnya bagiku dan kelompokku?




APA untungnya Israel, atau setidaknya, bagi Samuel, jika Daud yang masih 'kemerah-merahan' itu diurapi menjadi Raja atas Israel? Sebab condong mata Samuel telah terkesima pada Eliab (cf 1Sam 16:6).




SAMUEL pasti tak menduga bahwa apa yang yakininya bukanlah menjadi pilihan Tuhan. Sebab toh akhirnya, bukan Eliab, tetapi Daud-lah yang menerima urapan itu.




BUKANNYA satu pertimbangan itu tak penting. Tetapi, demi tiba pada satu keputusan, Allah punya cara dan hukum keadilanNya sendiri. Sebab "manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Allah yang melihat hati" (1Sam 16:7).



Ayo baca juga yang ini;
 Satu Permenungan Iman Katolik; Saat Kumenipu Diriku Sendiri


JALAN Tuhan sering mengarah, tidak cuma kepada yang dipilih, tetapi terutama dan terlebih pada yang memilih. Sebab di dalam hati para pemilihlah segala motif dan isyarat harapan serta terutama kepentingan sungguh tersembunyi. Berpikir dan berserah demi kepentingan yang lebih luas kiranya menjadi perhatian utama.




Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin


Mari kita renungkan kata-kata St Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
-Pendiri SVD        : 1875
-Pendiri SSpS       :  1889
-Pendiri SSpS-Ap:  1896

  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Bahaya Perangai Kasar, Nalar Semestinya Sehat


Baca juga di sini, Kisah Tentang Kita ;
https://www.indonesiana.id/profil/27530/Richard-Roden 


Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tersebut tahun 2014 di Lengkong Cepang, Lembor Selatan.Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:




Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar