Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Tak Perlu Terus Membenci

Jumat, 29 Desember 2023
(hari ke 5 oktaf natal - St Thomas Becket)


Bacaan I 1Yohanes 2:3-11

Mazmur Tanggapan Mzm 96:1-2a.2b-3.5b-6

(Ref: Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorai)  Injil Lukas 2:22-35

"Barang siapa berkata bahwa ia berada dalam terang, tetapi membenci saudaranya, ia berada dalam kegelapan sampai sekarang"  1Yoh 2:9
(Qui dicit se in luce esse, et fratrem odit, in tenebris est usque adhuc)



TAK PERLU TERUS MEMBENCI


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik: TAK Ada Hidup Tanpa Pengorbanan


APAKAH yang kita simpan dalam hati? Apakah yang kita pelihara dalam pikiran kita? Apakah yang kita sembunyikan sebagai satu hasrat seram nan membara?


APAKAH yang kita rawai itu adalah amarah? Benci? Dendam? Rasa antipati penuh tak sukanya? Niat-niat keji? Bila kita mempupuk rasa benci, maka ada saja alasan terhadap sesama yang jadi sasaran amukan kita.


Baca juga yang ini, menarik; Pater Kons Beo,SVD; Herodes, Orang Majus, dan Raja Baru Itu



BILA demikian, kita hanya ingin nyatakan diri sendiri sebagai pribadi yang reaktif negatif. Kebencian menggumpal. Amarah meledak-ledak. Kita memandang sesama dengan 'pelototan biji mata' dan dalam 'irama jantung banyak tersendatnya.'



TAK cuma itu. Kita jadinya kasar. Tak sejuk dalam berbahasa. Tak santun dalam bicara. Karena kita setia anuti pola obyekkan orang lain yang bertolak dari rasa penuh ketaksukaan. Tanpa batas. Masih benci kah hatimu pada si dia itu?



PENULIS Yohanes, yang setia bersuara tentang spirit Kasih, ingatkan kita penuh lembut namun mendalam,  "Barangsiapa mengasihi saudaranya, ia tetap berada dalam terang, dan di dalam dia tidak ada penyesatan" (1Yoh 2:10).



TETAPI aura sebaliknya justru menjurus kepada kegelapan. Sebab kata Yohanes, "Barang siapa membenci saudaranya, ia berada dalam kegelapan, dan hidup dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya (1Yoh 2:11).


NATAL selalu berarti kelahiran baru dalam Terang Sang Bayi Kudus. Melaluinya kita memperoleh rahmat surgawi. Rahmat yang mengubah aura hati kelam menuju terang.



DI SITULAH kita kembali belajar memandang sesama dalam kelembutan, dalam maaf dan pengampunan, dalam sikap penuh kesahajaan, dan terutama dalam sikap saling menghormati.



SEBAB kebencian itu telah berlalu. Dan kegelapan hati telah ditaklukkan. Oleh kelahiran Yesus dalam hati kita. "Tuhan, sanggupkan aku untuk mengampuni sesamaku, dan ampunilah aku yang juga telah melahirkan rasa marah dalam diri sesama."


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin.



Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Bahaya Perangai Kasar, Nalar Semestinya Sehat

<

Baca juga di sini, Kisah Tentang Kita ;
https://www.indonesiana.id/profil/27530/Richard-Roden 


Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  
   
   Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023)




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyayang Disabilitas telah menjadi Anggota.KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Posting Komentar

0 Komentar