Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Terbuka dan Rendah Hati Untuk Mendengarkan

Jumat, 10 November 2023


(Pekan Biasa XXXI - St Leo Agung - Paus ke 45 , St Andreas Avelino)

Bacaan I Roma 15:14-21
Mazmur 98:1.2-3ab.3cd-4
(Reff: Tuhan menyatakan keselamatanNya di hadapan para bangsa)
Injil Lukas 16:1-8



''...ita ut possitìs artèrutrum monère"  Rom 15:14

(...dan bahwa kalian sanggup saling menasihati)


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Rumah Adalah Tempat Di Mana Hati Kita Berada


TERBUKA DAN RENDAH HATI UNTUK MENDENGARKAN


TAK selamanya kita ada di atas angin. Bahwa segala hebat dan cemerlang punya kita. Bila kita jujur, ada luka berbilur yang mengakrabi kita. Dalam diri dan jalan hidup kita.


KITA bisa terkuras energi hanya untuk pertahankan posisi diri yang rapuh dan banyak tak hebatnya. Tetapi ada kah jalan lain demi mencapai hati penuh lega?

RASUL Paulus ungkapan rasa bangga dan pujian tulusnya. Jemaat Roma ternyata punya kesanggupan untuk saling menasihati. Dalam diri jemaat, ada ruang hati nan teduh untuk saling mendengar. Serentak ada niat tulus pula untuk saling mengatakan sesuatu. Demi membangun jemaat.


KITA hanya perlu hati yang merendah. Demi menangkap pesan. Allah tentu berbicara melalui orang-orang yang tulus hati, lemah lembut dan bijaksana.

TETAPI, nasihat pun bisa terungkap dalam 'kemarahan injili.' Karena keras hati dan kepala berbatu acapkali lebih digemari.


SEPANTASNYA kita bersyukur. Selalu ada sesama yang punya niat tulus dan berani di jiwanya. Demi kembali memeluk kita dalam semangat Kasih Kristus sendiri.


BILA tak ada saling menasihati dalam semangat Injili, maka yakinlah jemaat Roma tentu didera polusi kata-kata. Di situ, saling fitnah, saling menghina, dan saling menghujat ramai tak terhindarkan.

SEBAGAIMANA Rasul Paulus berbangga atas jemaat Roma, kita berusaha agar kita-kita ini pun menjadi kumpulan orang yang dibanggakannya pula.


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin



Baca juga di sini, Kisah Tentang Kita ;https://www.indonesiana.id/profil/27530/Richard-Roden 

Pater Kons Beo, SVD

Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  
   
   Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023)




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyayang Disabilitas telah menjadi Anggota.   KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:

Posting Komentar

0 Komentar