Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Semua Karena Cinta, Bukan Karena Kuat Dan Hebatku

Sabtu, 16 September 2023
(Pekan Biasa XXIII, St Kornelius-Paus ke 21, St Siprianus, St Andreas Kim Taegon, St Eufemia)

Bacaan I 1Tim 1:15-17

Mazmur Tanggapan Mzm 113:1-2.3-4.5a.6-7

Injil Lukas 6:43-49


"Di antara mereka itu akulah yang paling berdosa"  1Tim 1:15

(Inter peccatores primus ego sum)


SEMUA KARENA CINTA. BUKAN KARENA KUAT DAN HEBATKU


Baca juga yang ini; Satu Permenungan Iman Katolik; Ia Telah Wafat Bahkan Wafat di Kayu Salib


KATA-KATA Rasul Paulus bagi Timotius adalah sebentuk curahan hati terdalam. Seperti tak ada kekuatan diri dan 'nama besar' yang mesti diandalkan. Iya, Rasul Paulus telah terkapar sungguh di kehinaan di 'tanah kedosaan.'


NAMUN, TUHAN YESUS telah hadir dalam tata rencana keselamatan "untuk menyelamatkan orang-orang berdosa" (1Tim 1:15). Dan Rasul Paulus sepertinya 'tahu dan sadar diri'. Di antara semua yang terkapar letih tanpa daya di kehinaan dosa, "dialah yang paling berdosa."


Baca juga yang ini, menarik; Satu Permenungan Iman Katolik; Sudah Dapat kah Kembali Saudaramu?


BARANGKALI di kalangan putra kelahiran Tarsus, Rasul Paulus enggan disapa sebagai 'putra terbaik.' Dan memang ia bukan putra dengan nama baik dengan reputasi cemerlang.

BAGAIMANAPUN semua berubah dan jadi nyata dalam kasih Yesus, Tuhan. Dengan penuh sukacita Rasul Paulus menulis, "Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku sebagai orang paling berdosa ini Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaranNya" (1Tim1:116).


KITA tidak hidup dan bertahan hidup hanya karena segala kuat dan hebatnya kita. Tidak! Karena toh di dinding-dinding kehidupan kita tetaplah tergambar keretakan yang jelas terbaca. Bagaimanapun kita tetap bertahan di dalam harapan. Tidak kah semuanya karena Kasih Tuhan dalam Yesus?


TUHAN yang penuh kasih, Tuhan yang senantiasa bertahan dalam kesabaran, itulah Tuhan yang kita imani. Tuhan yang senantiasa menanti kita agar kita kembali. Agar kita dipelukNya kembali dalam Kasih.

Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Kutetap Bertahan Pada Salib Itu

Dan seperti itulah daya Kasih yang dia wartakan dan dibawa dalam Yesus, Tuhan dan Guru kita semua.


Verbo Dei Amorem Spiranti
St Kornelius dan St Siprianus, doakanlah kami.
Tuhan memberkati.
Amin.






Pater Kons Beo, SVD





Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survey pasar untuk mengetahui suplai dan permintaan akan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survey ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang berorientasi pada pasar


Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia  dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengko Cepang. Didokumentasi oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023).


Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasi oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).



Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)

Posting Komentar

0 Komentar