Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; UNTUK bercahaya, Pelita Butuhkan Minyak

Sabtu, 15 Juli 2023 (Pekan Biasa XIV, St Bonaventura, Uskup & Pujangga Gereja)
Bacaan I Kejadian 49:29-32; 50:15-26a
Mazmur Tanggapan Mzm 105:1-2.3-4.6-7
Injil Matius 10:24-33


Pater Kons Beo, SVD
"Kesucian tanpa amal adalah pelita tanpa minyak"
(St Bonaventura)


Baca juga yang ini, Menarik: Renungan Harian Katolik; Di Pelukan Kasih Tuhan Kita Menjadi Hidup Kembali

KITA mengejar kesucian. Kita ingin temukannya dalam gereja, di kapela, di tempat-tempat ziarah dan dalam ruang-ruang doa.


KITA usahakan kesucian diri kita. Dan ingin mengalaminya dalam doa, meditasi, kontemplasi dan dalam perayaan-perayaan sakramental liturgis.


SEMUA 'usaha mencari kesucian' di jalur sedemikian itu sungguh kita upayakan. Namun, adakah sisi lain yang sepantasnya ditelisik demi menggapai kesucian?





JALUR doa, puasa dan keheningan mesti diperlengkapan dalam karya amal. Doa mesti menjadi subur dan berbuah dalam perbuatan baik. Ke hadapan Tuhan kita katupkan tangan atau merentangkannya. Namun terhadap sesama kita ulurkan tangan. Itulah ungkapan karya amal kita.

MARI kita renungkan seruan rasul Yakobus, "Iman tanpa perbuatan pada hakekatnya mati" (cf Yak 2:17). Kita tetap berseru pada Tuhan dalam doa, tetapi karya amal akan mengungkapkan rasa hati yang paling nyata.


Baca juga yang ini,Menarik; Renungan Harian Katolik; Lahir Karena Seorang Ayah Tetaplah Meneguhkan Relasi Tak Terputuskan Dan Tak Tersangkalkan


UNTUK bercahaya, pelita butuhkan minyak. Iman yang terang bersinar terungkap dalam karya amal, dalam perbuatan nyata dan dalam tindakan amal kasih.




Tidak kah demikian?
Verbo Dei Amorem Spiranti
St Bonaventura, doakanlah kami.
Tuhan memberkati.
Amin

Posting Komentar

0 Komentar