Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Tetap Teguh Dalam Kebesaran Jiwa Dan Keagungan Iman Dalam Yesus

Senin, 19 Juni 2023 (Pekan Biasa XI, St Romualdus)
Bacaan I 2Korintus 6:1-10
Mazmur Tanggapan Mzm 98:1.2-3cd-4
Injil Matius 5:38-42





"Janganlah kalian melawan orang yang berbuat jahat kepadamu" Mat 5:39



Tetap Teguh Dalam Kebesaran Jiwa Dan Keagungan Iman Dalam Yesus

Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik; KITA Manusia Harus Sering Saling Menahan Dan Memaafkan Banyak Hal. 


KITA bisa kehilangan kesabaran. Kita dizalimi, dikasari, diperlakukan semena-mena. Dan lagi tindakan ketidakadilan mesti ditimpahkan pada kita. Dan kita jadi sasaran segala tindakan kejahatan.




KITA, sekali lagi, sungguh tergoda untuk bertindak yang sama. Apalagi bila kita merasa berada di posisi yang benar. Terkadang ada bisikan maut yang menggoda, ''mengalah dan tak membalas adalah tanda kelemahan diri bahkan sebagai tanda kebodohan.''



Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik; DIPANGGIL Dan Diutus Adalah Bagian Hidup Amat Penting Dalam Kemuridan


DUNIA semakin disumpeki oleh kejahatan dan tindakan penuh kekerasan. Dan hal itu telah masuk dalam banyak bidang kehidupan manusia. Bahkan kekerasan pun bisa diyakini wajar bahkan luhur sebagai bagian dari keberagamaan atau penghayatan iman.




KATA YESUS, "Jangan melawan....." Namun apakah kita mesti sekian pasrah begitu saja? Bukanlah demikian! Yang dimaksudkan: Kejahatan tak boleh diperpanjang dengan 'mata rantai kejahatan berikutnya.' Mata ganti mata dan gigi ganti gigi hanyalah menambah dosis kejahatan.





TETAPI suara keberanian dan kebenaran serta sikap bijak memang mesti diperlihatkan demi melawan kejahatan. Sebaliknya, 'Perlengkapan senjata kekerasan adalah tanda kelemahan batin dan ketakutan yang sungguh rapuh.'




DUNIA, bagaimanapun, tak kekurangan orang-orang yang berhati mulia, teduh dan damai dalam menghadapi situasi rumit kejahatan. Dunia tak kekurangan orang-orang yang berani bersuara dan bertindak arif untuk menghadapi riak-riak kejahatan.


Dan Anda telah menjadi salah seorang dari antaranya.




Bukankah demikian?


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin
Pater Kons Beo, SVD, Roma, Italia:
Tetap Teguh Dalam Kebesaran Jiwa Dan Keagungan Iman Dalam Yesus


Posting Komentar

0 Komentar