Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik: MARI Bersyukur Atas Rahmat Kehidupan Ini


Rabu, 07 Juni 2023
(Pekan Biasa IX, Beata Anna dr St Bartolomeus)
Bacaan I Tobit 3:1-11a,13,16-17
Mazmur Tanggapan 25:2-4a.4b-5ab.6-7bc.8-9.
Injil Markus 12:18-27




"Allah bukanlah Allah orang mati melainkan Allah orang hidup..."

Mrk 12:27

(Non est Deus mortuorum, sed vivorum)




USAHAKAN KEHIDUPAN. BUKAN KEMATIAN DAN TANPA HARAPAN

Baca juga yang ini : Renungan Harian Katolik; TENTANG LUKISAN WAJAH DAN TULISAN HIDUP KITA  


ALLAH hidup. Dari kehidupanNya manusia dijadikan hidup. Dalam dunia kita jalani hidup ini. Walau dalam kesementaraan duniawi, kita hayati hidup ini penuh sukacita.




ADA saatnya nanti kita mesti berangkat dari kefanaan, iya dari kesementaraan dunia ini. Namun hidup itu sendiri tak pernah musnah dan berakhir.


Baca juga yang ini menarik; Satu permenungan IMAN KATOLIK; Pentekosten dan Kisah Berbahasa Kita 


OLEH maut - kematian sekalipun, seturut pemberitaan Rasul Paulus: Hidup tak berakhir. Hidup hanyalah diubah. Bukannya dilenyapkan.



MARI bersyukur atas rahmat kehidupan ini. Allah hembuskan nafas hidup itu agar kita 'jadi hidup, jalani serta hadapi pengalaman kehidupan itu.' Saat kita jalani hidup ini sebagai satu bangsa manusia dan semartabat, maka saling memberi harapan hidup dan bertindak demi kehidupan itu adalah satu panggilan ilahi.




DI WAKTU yang akan datang? Kehidupan itu bakal tetap berlangsung. Allah hidup itu tetap meraja dan berkuasa selamanya. Kita tak perlu membayangkan dan 'mengatur' Tuhan sekian. Bahwa akan terjadi seperti gambaran punya kita di dunia fana ini. Tidaklah demikian.



TENTU kita tak dibenarkan untuk bertindak kecut pro maut-kematian dengan keyakinan miris akan imbalan surga abadi dan demi kenikmatan hidup selamanya.





YANG kita imani, sekali lagi, adalah Allah kehidupan. Tinggal bagaimana orientasi kehidupan itu jadi milik, jalan dan spirit hidup kita. Setidaknya cobalah sepotong senyum pada sesama. Itu yang dapat kita tangkap dari kata dan hidup St Teresa dari Kalkuta.




Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin

Posting Komentar

0 Komentar