Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; DIPANGGIL Dan Diutus Adalah Bagian Hidup Amat Penting Dalam Kemuridan

Minggu, 18 Juni 2023


(Pekan Biasa XI, St Gregorius Barbarigo, St Marina)
Bacaan I Keluaran 19:2-6a
Mazmur Tanggapan Mzm 100:2.3.5
Bacaan II Roma 5:6-11
Injil Matius 9:36 - 10:8



"Pergilah dan wartakanlah!"
Mat 10:7
(Euntes autem praedicate.....)


Baca juga yang ini menarik; Renungan Harian Katolik;  KASIH Ditandai Dengan Harapan, Kerinduan Dan Keinginan Teramat Kuat


DIPANGGIL dan diutus adalah bagian hidup amat penting dalam kemuridan. Kisah panggilan dan perutusan para murid dapat direnungkan dalam beberapa pokok refleksi:


1. Panggilan selalu berawal dari Tuhan. Inisiatif datang dari Tuhan untuk melibatkan para murid dalam tugas keselamatan.

Sebab itu para murid adalah orang-orang yang disebut - dipanggil namanya. Di situ tersirat adanya satu relasi keakraban dengan Tuhan. Hanya dengan cara ini segala 'maksud dan rencana, serta isi hati Tuhan dapat ditangkap dan dimengerti oleh para murid. "Saat Tuhan melihat orang banyak terlantar bagai domba yang tidak bergembala" (Mat 10: ).

2. Kepada para murid, Tuhan memberikan kuasa dan. Tidak untuk main kuasa dan main perintah (cf 1Ptr 5:3), tetapi untuk menyatakan kuasa itu demi keadaan yang lebih baik. Kuasa bagi para murid adalah kuasa yang membebaskan, yang menyembuhkan, yang melawan kuasa kegelapan, kuasa dalam pengabdian diri dan kuasa yang ditandai dengan perjuangan demi nilai-nilai Injil Kerajaan Allah.

Baca juga yang ini sangat menarik; Satu permenungan IMAN KATOLIK; Pentekosten dan Kisah Berbahasa Kita 

3. Para murid tidak dipanggil demi terbentuknya satu kelompok elit diingkaran Yesus! Tetapi mereka dipanggil untuk diutus dan mewartakan. Dipanggil menjadi murid yang berbelaskasih, yang berkepedulian akan segala peristiwa 'hilangnya domba-domba' dalam banyak situasi dan keadaan. Dan lalu bersuara, mewartakan suara kepedulian itu.

4. Bekerjalah sebagai orang tanpa upah (cf 1Kor 9:18). Diutus dalam spirit ketaatan pada Yesus sebagai Guru dan Tuhan, dan kita tetaplah "hamba-hamba yang tidak berguna yang menjalankan apa yang harus kami lakukan" (Luk 17:10).

Baca juga yang ini; Pojok KITAB SUCI; TUBUH KRISTUS SELAMATKANLAH KAMI; DARAH KRISTUS SUCIKANLAH KAMI 

Apa yang diterima dari Tuhan adalah karunia cuma-cuma. Maka kata Tuhan "...karena itulah berilah pula dengan cuma-cuma" (Mat 10:8). Haruskah kita tertambat dan terlekat hanya pada ganjaran, upah, dan segala kenyamanan sebagai jaminan?

5. TUHAN menjadikan setiap kita hidup - bergerak dan ada. Itulah rahmat termulia bagi masing-masing kita. Tuhan menghendaki rahmatNya itu kita teruskan dalam perjumpaan dengan sesama dan dengan dunia. "Tetap jalani hidup ini. Melakukan yang terbaik. Tuhan pasti 'kan menunjukkan kebesaran dan kuasaNya" (d'masiv)

Kepedulian adalah bahasa hati dan tindakan nyata yang mesti dijalankan demi kehidupan bersama yang lebih baik. Demi semuanya! Dalam orientasi dan visi Tuhan kita maknai: "Kamu semua akan menjadi bagiKU Kerajaan imam dan bangsa yang kudus" (Keluaran 19:6a).

Belaskasih Tuhan itu tidak pernah berakhir, dan tak pernah boleh kita akhiri. Setiap kita disebut nama, dipanggil dan diutusNya untuk bersuara dan bertindak. Selama masih bernafas kita tidak hanya masih memiliki harapan dalam diri sendiri. Tetapi juga bahwa kita tetap punya kesempatan untuk menunjukkan harapan yang nyata bagi dunia dan sesama.

Tidakkah demikian?
Verbo Dei Amorem Spiranti
Selamat Hari Minggu.
Tuhan memberkati. 
Amin.

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
  1. Pendiri SVD        :  1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN

Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran. Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.



Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. 
Didokumentasikan oleh
Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 





Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong


Pater Kons Beo, SVD, Roma, Italia:
"Pergilah dan wartakanlah!"







Pater Kons Beo, SVD, Roma, Italia:
Tuhan Yang Kucari, Kurindui Dan Kujumpai

Posting Komentar

0 Komentar