Header Ads Widget

Satu Permenungan IMAN KATHOLIK; PASKAH: Kisah Tuhan menyapa lembut setiap kita..

SELASA, 11 APRIL 2023 - OKTAF PASKAH

PASKAH: Kisah Tuhan menyapa lembut setiap kita..
satu perenungan
("MARIA..Yoh 20:16")



PASKAH adalah kesenyapan pribadi teramat bisu. Saat tak tahu lagi ke mana harus melangkah. Ketika tak tahu lagi wajah sedih tanpa harapan ini harus disembunyikan.



MAKAMNYA kedapatan kosong. JenasahNya pun tetap jadi misteri buat kedua bola mata. Magdalena hanya berurai air mata. Mungkin kah karena ia kelewat sedih dan berlinangan air mata? Dan karenanya tak sanggup melihat jelas dalam iman?



TETAPI Magdalena pun perlahan 'BERALIH.' Itu berawal ketika kedengaran namanya disebut. Saat ia merasa disapa penuh pribadi oleh Tuhan, "Maria..."

Di situ jarak kesedihan nan panjang dan berat mulai terpangkas. Dan Jalan Harapan dan Sukacita perlahan dibangun dan ditata.




PASKAH bukanlah kisah batin hingar bingar penuh keruwetan. Tetapi Paskah adalah kisah penuh motivasi transformasi nan teduh. Berawal saat telinga batin setiap kita sanggup menangkap suara TUHAN yang Bangkit memanggil setiap nama kita. Di situlah Awal kita tinggalkan hari-hari tanpa harapan dan tanpa arah.




INGIN saudaramu kembali lagi menjadi saudaramu? Maka sebut dan panggil lagi namanya dengan sepenuh hati dan setulusnya. Sekian banyak sesama larut dalam kesedihan dan keterasingan serta kepiluhan hidup.
Sebab kita tak sanggup dan tak mau menyapa namanya dalam doa dan harapan serta tindakan. Sebab nada dan dinamika suara kita sudah kelewat kasar, menyudutkan, angkuh, dan cenderung mempermainkan dan menghina. Suara kita selalu ingin jadi standar wajib kiblatan bagi yang lain.




Kisah Paskah adalah panggilan iman dan nurani untuk 'menyapa' para korban perang, korban kekerasan dan bencana alam serta rupa-rupa tekanan dan ketidakpastian hidup. Suara Paskah sungguh adalah suara yang menyapa agar bersama-sama kita ber-PASSOVER, iya, beralih bersama



Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati
Amen - Alleluia

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia





Posting Komentar

0 Komentar