Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Dalam Allah Selalu Ada Kehidupan

SABTU, 15 APRIL 2023 - OKTAF PASKAH

satu perenungan

Pater Ansel Meo, SVD mendorong umat beternak Babi dengan menggunakan bahan baku lokal untuk pakan yang diolah atau diproduksi melalui proses Fermentasi. Pakan yang diolah demikian akan menghasilkan daging babi yang berkualitas.


Dalam Allah Selalu Ada Kehidupan


"Silahkah kamu putuskan sendiri manakah yang benar di hadapan Allah: taat kepada kamu, atau taat kepada Allah.."

(Kis 4:13-21).


YANG disuarakan adalah demi berkiblat pada Allah dan demi kehendakNya. Namun yang sering terjadi sebenarnya ungkapan dan tindakan apa pun demi kepentingan dan selera sendiri. 


BILA memang demi Allah dan kehendakNya, maka sungguh di situ ada kebaikan, cinta, perhatian, belaskasih. Singkatnya:  di situ pasti ada KEHIIDUPAN.


ITULAH yang hendak diwartakan oleh Petrus dan Yohanes, ketika mereka, atas nama Yesus, mereka menyembuhkan orang yang lumpuh itu. Kehendak Allah mesti lebih diutamakan. Iya, kehendak Allah itu adalah hidup, martabat dan citra manusia yang diselamatkan.


JAGA dan amankan kepentingan kelompok, selera sepihak institusi, terkadang bisa berseberangan dengan apa yang menjadi kehendak Allah. Dan hal itu nampak terjadi saat apa yang jadi kehendak, kepentingan sendiri dan ambisi maut diselubungi dalam tirai demi kepentingan dan atas nama Allah.


YANG dirawat dan digencarkan sebenarnya adalah kekerasan, ketidaksukaan, kebencian, pemusnahan dan berbagai tindak persekusi dan bahkan kematian. Tetapi bendera yang dikibarkan adalah Allah dan kehendakNya. Artinya?


ALLAH dapat  'dipakai' untuk suburkan selera sepihak yang anti Kasih dan Kehidupan. Terdapat pula apa yang disebut 'nafsu kemurnian' yang semakin tak terbendung.  Maksudnya?  Itu terjadi ketika 'hanya aku dan kamilah yang ada di jalan Allah dan kehendakNya.' 'Yang lainnya' mesti  dikampanye ada di jalan batil, sesat, hitam, bejat, amoral dan kafir.' 


JIKA yang terjadi sedemikian, maka menjadi amat mudah ada gerak pencitraan diri dan kelompok sendiri selalu ada di jalan benar, murni, suci, saleh, terahmati dan terselamatkan.


TINDAKAN Petrus dan Yohanes dalam Yesus yang bangkit adalah panggilan dan seruan pasti bagi setiap kita untuk kebaikan, kemenangan dan keselamatan siapa pun. Sebab, Allah yang kita imani adalah Allah kebaikan, Allah kemenangan. Allah kehidupan. Bagi semua!


Verbo Dei Amorem Spiranti

Tuhan memberkati

Amin - Alleluia








Posting Komentar

0 Komentar