Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; DALAM PERGULATAN HIDUP, YAKINLAH ALLAH TELAH MENOLONG, ALLAH KINI MENOLONG DAN ALLAH AKAN MENOLONG

Kamis, 16 Februari 2023



(Pekan Biasa VI, St Onesimus, Sta Veridiana)
Bacaan I Kejadian 9:1-13
Mazmur Tanggapan Mzm 102:16-18.19-21.29.22b-23
Injil Markus 8:27-33



"Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan akan ditolak...."  Mrk 8:31
(...oportet filium hominis pati multa)


Baca juga yang ini; Satu Permenungan IMAN KATOLIK; “Yesus, Tuhan yang Sungguh Ku-imani”


HIDUP tak melulu pada gairah dapatkan jaminan. Saat selalu terjawab apa yang kita kehendaki. Hidup bukan perkara every thing is OK dalam tatanan kepastian manusia.

KITA berjuang hindari kesulitan. Yang berat menantang tak boleh tepat ada di jalan hidup ini. Hidup ini harus benar-benar indah. Bebas murni dari air mata pilu dan segala rasa sesak di dada.

TETAPI, tidak kah kita sering didera rasa putus asa? Kehilangan semangat untuk lanjut berziarah? Saat kita merasa kehabisan titik-titik api semangat dalam berusaha? Bahwa telah terasa berat segala kendala di jalan hidup ini?


TERLALU banyak energi hidup terserap demi satu aura hidup serba pasti, menjanjikan dan penuh jaminan. Kita, dengan pelbagai cara, telah merancang-bangun 'diri sendiri' sebagai tokoh utama, orang penting, punya pengaruh. Kita sungguh bertarung demi satu pengakuan sosial. Pencitraan melekat di ruang hati dan jiwa kita.


TIDAK KAH ziarah injili dan kemuridan itu bentangkan duri-duri penderitaan? Kita mesti belajar mengalami dan memeluk hidup itu sebagai mana adanya.

Baca juga yang ini; Kolekte sebagai Bentuk Tanda Syukur kepada Tuhan


MAKA, di situlah pengorbanan dituntut. Kebertahanan dalam situasi terbatas diuji. Kesetiaan pada yang terlihat kurang menjanjikan dan tak menyamankan sungguh dipertaruhkan.


ENERGI batin memang mesti dicadangkan serius. Demi hadapi hidup sebagai hidup dengan karakter, irama dan segala dinamikanya sendiri. Kita hanya mau belajar bahwa kita ternyata bukanlah segalanya!


KITA bukanlah superman. Yang bebas dan lewati begitu saja segala tantangan, keterbatasan dan serba kekurangan. Tetapi, bahwa kita mesti menghadapi dan mengalami semuanya.
MAKA, kita segera menjadi tahu bahwa penderitaan, tantangan, penolakan, dan SALIB adalah kisah keseharian kita. Namun dengan itu kita juga semakin sadar apa artinya beriman, berharap dan mengasihi di dalam Tuhan.


YESUS, Tuhan, telah mengalami semuanya. Dan Yesus, Tuhan kita, pasti tahu kapan saatnya yang tepat Ia datang dan hadir untuk menolong.




Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati. Amin




Rikhardus R Urut, Sekretaris Badan Pengurus menyerahkan uang duka kepada Bapak Tadeus, wujud solidaritas, Bela Rasa, Aku Susah Engkau Bantu, Engkau Susah Aku Bantu dari 7.511 orang, Anggota KSP CU Florette atas meninggalnya Mama Elisabet, isteri tercinta dari Bapak Tadeus. Untuk konteks Manggarai saat ini, Peristiwa Kematian merupakan salah satu tujuan keuangan keluarga sebenarnya (melek/literasi keuangan) sebab biaya untuk urusan adatnya relatif besar. Beruntung Bapak Tadeus telah menjadi warga (anggota) dari "Rumah Gendang" KSP CU Florette sehingga oleh rasa empati dari semua anggota dalam bentuk pemberian uang duka telah meringankan kedukaannya. Marilah bergabung ke Rumah Bersama KSP CU Florette, sebab Lembaga Koperasi ini memikirkan anggota disaat mereka masih hidup (menyediakan pinjaman kesejahteraan/bisnis), sakit, dan juga ketika mereka meninggal. 



Pater Kons Beo, SVD

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
  1. Pendiri SVD        :  1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN

Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran.

Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.






Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. 
Didokumentasikan oleh
Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 





Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar