Header Ads Widget

Renungan Harian Katolok;BETAPA sungguh mulialah Kasih Bapa bagi setiap kita

 *Selasa, 03 Januari 2023*

*(Hari Biasa Masa Natal,* 

*St Anterus-Paus ke 19, St Genoveva, St Kuriakose Elias Chavara)*



Bacaan I 1Yohanes 2:29 - 3:6)

Mazmur Tanggapan Mazmur 98:1.3c-4.5-6

Injil Yohanes 1:29-34


*"...dan memang kita adalah anak-anak Allah"*

1Yoh 3:1

(Ut filii Dei nominetur et simus)


SEMUANYA berawal dari KASIH. Iya, Allah sungguh mengasihi kita. Tanpa syarat. Dan sedikit pun tiada jasa yang harus kita perlihatkan. 


"BETAPA sungguh mulialah Kasih Bapa bagi setiap kita. Dan karena itulah kita disebut anak-anak Allah" (cf 1Yoh 3:1). Tindak iman setiap kita adalah menaruh harapan dalam Kristus. Kristus itulah yang sungguh menjadi pernyataan Kasih Allah yang sempurna dan utuh. 


KATA-KATA Yohanes sungguh meneguhkan. Kristus Yesus itu telah menyatakan DiriNya. Dalam kebesaran KasihNya, segala yang 'lama dan silam' dijadikan baru. 


YOHANES yakinkan komunitas pendengarnya, "Dan kamu tahu bahwa Kristus telah menyatakan DiriNya untuk menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa" (1Yoh 3:5).


MARTABAT anak-anak Allah, bagi setiap kita, adalah undangan tegas untuk mewartakan Kasih Bapa yang membebaskan itu. Kasih harus jadi kekuatan dasar setiap kita untuk 'saling memandang dalam Kasih.' Pun dalam memandang semesta.


DALAM Kasih Allah yang kita alami secara pribadi, pun yang kita wartakan, semuanya terjelma dalam dari sikap dan tindakan kita terhadap orang lain. Tak bersyarat pula.


DALAM Kasih Yesus, tak  mungkin orang mewartakan Kasih serentak menjadi tak bersahabat dengan saudara dan sesamanya. Sebab sebagai anak-anak Bapa, aura persahabatan, rasa kekeluargaan, dan hidup penuh kedamaian, itulah yang diperjuangkan!


"Anak-anak Allah" itu selalu memandang sesamanya sebagai "anak-anak Allah" pula. Dan berusaha agar semuanya 'hidup sebagai anak-anak Allah yang satu dan sama.' Saling mengasihi dan saling meneguhkan.


Bukan kah demikian?


*Verbo Dei Amorem Spiranti*


Tuhan memberkati

Amin

Posting Komentar

0 Komentar