Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; SEBAB itu roh jahat selalu merusakkan, membinasakan serta mencerai-beraikan

Senin, 23 Januari 2022 (Pekan Biasa III, St Andreas Chong Hwa Gyong, St Emerentiana, St Ildefonsus, St Yohanes Penderma)

Bacaan I Ibrani 9:15.24-28

Mazmur Tanggapan Mzm 98:1-6

Injil Markus 3:22-30


"IA kerasukan Beelzebul!" Mrk 3:22
(Quoniam Beelzebul habet)
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong,Minggu (22/1/2023) mencanangkan Tahun 2023 sebagai Tahun Pastoral Ekonomi Berkelanjutan SAE (Sejahtera, Adil dan Ekologis) ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak 3 kali oleh Pater Lukas Larun, SVD.




BUKANNYA roh jahat itu tak ada. Roh tak lurus itu senantiasa mengamati ketaksiagaan hati kita. Roh kelam itu berusaha untuk melemahkan daya-daya rohani.



DAYA rusak roh-roh jahat itu bermuara pada 'cita-cita putuskan matarantai relasi manusia dengan sesamanya, pun manusia dengan Tuhan sendiri.'




SEBAB itu roh jahat selalu merusakkan, membinasakan serta mencerai-beraikan. Roh jahat sungguh menyiksa manusia. Sebab manusia diasingkan dalam kesendirian yang mencekam. Jauh dari sesama dan dari Tuhan sumber sukacita kehidupan!



SAAT TUHAN mengusir setan, Tuhan sesungguhnya membawa manusia kepada relasi yang sesungguhnya di antara manusia dan manusia dengan Tuhan. Manusia dibebaskan dari segala suasana pengasingan yang mencekam.




KITA hidup dalam kekuatan Roh Kudus. Itulah Roh yang memberdayakan daya-daya rohani kita. Yang membuat kita sanggup memandang dunia dan sesama dalam Terang Cahaya yang sesungguhnya.



SEBALIKNYA, alam hati dan pikiran kita bisa dikuasai oleh kuasa-kuasa kekelaman. Itu terjadi ketika hasrat hati serta sikap kita selalu terarah pada apa pun memisahkan satu terhadap yang lain. Ketika alam kasih selalu diseruduk oleh arus kebencian dan dendam yang selalu memisahkan dan menghancurkan.



DALAM YESUS, kita tetap memiliki semangat dan harapan untuk diteguhkan. Sebab Yesus selalu berkuasa dan berwibawa untuk melenyapkan segala yang menghancurkan dan memisahkan!




Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati. Amin.



Posting Komentar

0 Komentar