Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik;YANG GERSANG TELAH BERLALU

Rabu, 21 Desember 2022 (Pekan IV Adventus, St Petrus Kanisius)




Bacaan I Kidung Agung 2:8-14

Mazmur Tanggapan Mzm 33:2-3.11-12.20-21

Injil Lukas 1:39-45




"Di ladang telah tampak bunga-bunga..."

Kid 2:12

(Flores apparuerunt in terra nostra...)




YANG GERSANG TELAH BERLALU




JIKA benar hidup itu adalah satu siklus, maka kita pasti ada dalam varian situasinya. Tak selamanya kita mesti terkapar dalam keletihan. Terkepung dalam kabut tebal yang menerpa. Tidak!




KATA nyanyian Salomo, "musim dingin telah lewat, hujan telah berhenti dan sudah berlalu" (Kid 2:11). Kita segera masuk dan menyongsong alam dan suasana baru. Mencerahkan pancaindra. Membawa harapan baru.


SUNGGUH! Tak selamanya gersang dan kerontang hidup kita. Seolah-olah kita sudah dipastikan lumpuh dan tercopot warna keceriahan. Seolah-olah bagi kita, alam tanduslah yang jadi sahabat pasti di hidup ini.


LUKISAN indah di Kidung Agung gaungkan gema pengharapan itu. 'Suara terukur terdengar merdu, pohon ara mulai berbuah, dan bunga pokok anggur tercium semerbak mewangi' (cf Kid 2:12). ZAMAN Mesias adalah momentum keindahan nan berdaulat. Alam raya mesti jadi orkestrasi penuh seni di rongga dada dan seluruh isi jiwa kita.



JIKA memang Messias adalah 'merpatiku di perembunyian celah-celah bebatuan di lereng-lereng gunung' maka ia pasti akan segera tampakan diriNya. Bukan kah IA adalah Emanuel  Allah beserta kita?


MARI lewati semua alam pikiran, hati dan rasa yang kering dan kabut terhadap sesama. Lepaskan semua angkara murka dan kegeraman di hati terhadap yang lain.


SEBAB, bukan wajah sangar yang kita perlihatkan. Bukan pula suara tajam yang tembus merobek rasa sesama. Tetapi, kita semua ada dalam paras tampan merpati - Mesias itu, yang sungguh datang dengan kelembutan suaranya (cf Kid 2:14). Memanggil namamu dan namaku. Menyapa setiap kita penuh kasih.




Bukan kah demikian?
Verbo Dei Amorem Spiranti
Maranatha
Tuhan memberkati

Bacaan I Kidung Agung 2:8-14
Mazmur Tanggapan Mzm 33:2-3.11-12.20-21
Injil Lukas 1:39-45
"Di ladang telah tampak bunga-bunga..."
Kid 2:12
(Flores apparuerunt in terra nostra...)



Posting Komentar

0 Komentar