Header Ads Widget

Satu Permenungan; Merenung Ijasah Sang Presiden

Merenung Ijasah Sang Presiden
(sekedar mendengus hidden agenda di balik teror Ijasah Mr Presiden)




“Hati-Hati! Anda bisa kehilangan substansi jika hanya memperhatikan bayang-bayang”

(Aesop, pendongeng Yunani, abad ke 6 sebelum masehi)


Baca juga yang ini; Pojok KITAB SUCI; Beginilah Jadinya Jika Sesama ‘Dikuliti’ Dalam Doa


Negeri penuh kejutan

Ini sekedar lempar-lempar kata. Sambil tentu meramunya dengan logika picisan. Datar dan seadanya saja. Koq, ribut-ribut tentang ijasah Jokowi (Presiden) belumlah bermuara akhir? Nampaknya hari-hari ini kita dipaksa untuk huru-hara di pikiran dan hati. Banyak soal dibentangkan sana-sini. Di antaranya ‘kepalsuan ijasah’ Mr Presiden.

Baca juga yang ini; Pemberdaayan Ekonomi Masyakarat Desa khusus bagi kelompok rentan : Belajar dari pengalaman kepala Desa Gara

Tentang satu soal? Ada yang benar-benar soal. Ada hal yang dipersoalkan. Ada lagi hal yang dipaksa-paksa untuk dibuat ‘jadi persoalan.’ Yang terakhir ini namanya soal yang dikaroseri sekian. Lalu mesti digaungnyaringkan senyaring-nyaringnya. Demi bergema luas membahana. Terus tentang ijasah Presiden Jokowi? Palsu kah? Asli kah?

Tidak kah ini sebenarnya hanya punya intensi yang mudah terbaca? Katakan saja pertama, misalnya, agar Sabang sampai Merauke larut dalam penyesalan. Indonesia sebenarnya sungguh telah dipimpin oleh sang Presiden yang kantongi ‘ijasah palsu.’

Sungguh Indonesia bernasib sial sebab orang nomor satunya telah amat lihai dalam drama pemalsuan ijasah. Indonesia tak boleh terlambat menyesal sebelum Jokowi selesaikan jabatan presiden di 2024 ini.

Jokowi ‘yang patut disesali?’


Bagaimana pun, sekedar membawa khlayak Indonesia ke rasa sesal publik akan Jokowi rupanya hanya jadi perjuangan tak bertaji. Namun, intensi ke hari-hari mendatang tentu jadi agenda maha krusial. Jokowi tak hanya tokoh cerita heroik demi kemajuan bangsa dan tanah air sebagai ‘makanan sanjungan’. Jokowi mesti tetap ditempatkan sebagai pesakitan yang mesti disenyapkan sampai kisah akhir jabatannya. Itu kata segelintir pengamat.

Apapun ‘makanan pujian setinggi bentangan awan’ tetap saja ada sisi ‘minuman pahit hinaan dan caci maki bersilewaran.’ Jokowi sebagai pribadi, pun sebagai RI 01 sudah pada kenyang dengan segala dampratan penuh nista bertaburan sana-sini. The king of lips service, planga-plongo, bertampang kerempeng, turunan PKI, tak jelas asal orangtua, tentu tetap terngiang di telinga Jokowi.

Dan kini, teror (bahasa Latin artinya kejutan) ijasah palsu datang mendera. Terhembus untuk ramai menyebar. Pada intinya Indonesia harus merasa ‘menderita dikibuli’ oleh seorang Presiden yang punya ‘ijasah palsu.’

Tak segampang itu


Ini bukan kerja gampangan untuk pastikan ‘ijasah itu palsu.’ Proses kumpul-kumpul data dari yang sungguh qualified and primary source bukanlah hal entengan. Jika di titik ini saja sebenarnya teramat sulit, maka tentu mesti dibangun networking supportif-kolaboratif nan rapih demi menyusun satu batu argumentum di atas batu argumentum lainnya. Dan semuanya itu ‘harus berujung pada satu diktum hukum nan pasti, tetap dan mengikat, yakni ‘ijasah sang Presiden itu palsu!’

Tapi, itu sudah, intinya mesti ada kejutan publik. Dan itulah impian yang diharapkan, walau, yakinlah, ini bukan akhir dari perjuangan yang sesungguhnya. Namun, harus santai apalagi hening begitu saja kah Jokowi akan terpaan ‘ijasah palsu’ ini?

Harapan terselubung?


Bola-bola liar logika a-logical telah digulir. “Jika Jokowi tak datang ke pengadilan, hakim putuskan saja bahwa ijasah itu palsu…” Wah, ada-ada saja suara si Eggi Sudjana ini. Dan lagi, ada logika pragmatis tentatif yang dimainkan. Isinya kurang lebih begini, ‘Jika sedemikian serius dan ngototnya Bambang Tri Mulyono bahwa ijasah Presiden itu palsu, apakah ini tak terbaca bahwa dia sedang di jalan kebenaran?’

Memang patut diapresiasi kengototan Bambang Tri. Tentu dalam bingkai demi kebenaran. Tapi, ini yang penting, “Bukan karena berani ngotot atau mau pasang badan depan regu tembak, misalnya, maka apa yang diperjuangankan wajib benar.” Ini bisa diparagonasi dengan kebutaan iman yang yakin bahwa ‘imanku pasti benar dan karenanya jadi buta juga untuk sorong badan demi bunuh diri sambil mengorbankan juga sekian banyak darah tak bersalah.’

Baca juga yang ini; Gawat ! Hasil padi dan kopi turun akibat perubahan Iklim di Kabupaten Manggarai Timur

Logika ijasah palsu yang menggelitik


Ijasah Mr Presiden tentu tidak dengan sendirinya harus palsu hanya ‘atas dasar indikasi keberaniannya Bambang Tri Mulyono itu.’ Atau pun juga atas dasar gelagat persuasi halus dan samar, namun terbaca maksudnya, seperti suara dari Refli Harun, sekalipun ia sudah diperkenalkan sebagai pakar hukum tata negara.

Tetapi, perlu kah Jokowi sebagai Presiden harus ke pengadilan untuk satu urusan bola liar ijasah palsu yang terus saja dipermasalahkan? Buat saja pengandaian ringan. Jika semua ini seumpama permainan sepakbola gajah, apakah goal-keeper inti sang Presiden mesti masuk lapangan dan bertahan di bawah mistar gawang?

Dan nanti harus kah Jokowi ‘buang badan untuk terkam bola liar’ yang memang tidak terarah pada gawang (dan itu berbahaya)? Atau bahwa sepakbola gajah ini hanya ingin ‘memanfaatkan kehadiran Presiden’ untuk disorak-sorai dengan nada miris yang hendak bikin heboh seisi ‘stadion indonesia?’

Ujung yang mudah ditebak


Ini sepertinya teribarat seperti (kelompok) orang yang ‘sudah bikin stadion sendiri, rancangkan pertandingan sendiri, siapkan wasit sendiri, hasil pertandingan sudah dimimpipastikan sendiri untuk harus berakhir sekian, tetapi hanya penjaga gawangnya saja yang sekian ngotot dijemput paksa dari luar untuk dibikin ‘bulan-bulanan’ dalam stadion.
Namun, benar kah dugaan ijasah palsu Mr Presiden ini hanya sebatas persoalan hukum? Tanpa punya ‘akar, cabang dan ranting-ranting’ yang bergema politis, misalnya? Untuk mengatakan ‘tidak’ rasanya cukup sulit juga.

Baca juga yang ini; Renungan Harian KATOLIK; Hendaklah engkau tidak menaruh benci kepada sesamamu

Anggap saja kini bahwa ‘partai biru dan merah’ kini lagi gencatan senjata. Untuk sementara, belum ada senggolan-senggolan sengit lagi. Segala kasak-kusuk reaksi jalanan belum terlihat lagi. Jokowi sepertinya sudah di jalur aman untuk akhiri jabatannya. Dan, seterusnya? Jokowi mesti ‘disenyapkan’ dari jalur pengaruh estafet kepemimpinan. Bukan kah Jokowi adalah faktor X - krusial untuk calon Presiden berikutnya?

Aura Mr Presiden yang mesti ‘dihentikan’


Teror ijasah palsu, sepertinya, adalah alarm agar Jokowi tak boleh ‘terang-terangan atau juga penuh kode-kode halus’ untuk indikasikan ‘orang kepilihannya’ demi lanjutkan segala kebijakannya. Bukan kah Jokowi adalah simbol ‘rasa sakit hati penuh benci’ dari sekian banyak orang dan kelompok yang ‘tak nyaman dan tak beruntung nasibnya?’ Bayangkan bila aura leadeship a la Jokowi ini mesti berlanjut?

Tapi, bisa terjadi juga bahwa dua tahun sebelum akhiri jabatannya, terhadap Jokowi teror kecil-kecilan mesti diseringkan. Sebelum Jokowi tamat dari tugas mulia ini, ia mesti ditampilkan sebagai common enemy. Jokowi X mesti dibuat ‘mati langkah dan mati pengaruh.’ Sebab, kini, ‘arus baru sudah pada tak sabar untuk masuk dan menjadi warna dasar Samudra Indonesia Raya.’

Akhirnya


Ada lagi sentilan ringan saja. Di dua tahun belakangan ini, kejutan demi kejutan bisa dimainkan. Biar Mr Presiden tak konsen untuk selesaikan tugas pekerjaan akhirnya. Kejutan yang buat kacau balau mesti digencarkan. Demi buyarkan antensi untuk tuntaskan sekian banyak proyek.

Baca juga yang ini; Kemiskinan dan kurangnya ketersediaan lapangan kerja menyebabkan peluang kasus perdagangan orang semakin meningkat.


Bayangkan saja andaikan mega proyek IKN (Ibu kota Nusantara) di Kecamatan Sepaku, Kab Penajam Paser Utara (Kaltim) sampai tersedat-sendat, dan lalu berujung mangkrak? Selamanya Jokowi (dan turunannya) pasti dikenang sebagai ‘induk dari segala proyek mangkrak di tanah air. Mungkin pengandaian ini terlalu simple dan dianggap sebagai halusinasi liar.


Tapi,mari kembali ke ijasah Mr Presiden. Sungguh kah ijasahnya itu palsu? Atau kah memang ini hanyalah satu gerakan palsunisasi ijasah Mr Presiden yang sebenarnya memang asli? Bila ini semuanya terkonek dengan agenda Pilpres 2024, maka yang harus diperjuangkan tetap dan selalu adalah Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Tak boleh disisipi apapun yang berujung khaos dan teror tanpa akhir.


Bagaimana pun di balik ‘meributkan ijasah tak asli Mr Presiden’ adakah Anda sebatas terkurung dalam bayangan belaka? Dan, Anda kehilangan substansinya? Maka Aesop, pendongeng Yunani, di abad ke 6 sebelum masehi hanya ingatkan “Hati-hati!”


Verbo Dei Amorem Spiranti
P. Kons Beo, SVD

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):

  1. Pendiri SVD        :  1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN


Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran.

Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.






Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

.    Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. 
Didokumentasikan oleh
Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023)
 





Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar