Header Ads Widget

Renungan HARIAN KATOLIK; Membawa terang dan berkat bagi orang lain

MEMBAWA TERANG DAN BERKAT BAGI ORANG LAIN (RD. John Tanggul, Paroki Wangkung, Keuskupan Ruteng)
Senin, 19 September 2022
Pekan Biasa XXV/C/II
Luk. 8:16-18: Perumpamaan tentang Pelita

Luk. 8:16-18: Perumpamaan tentang Pelita

Baca juga yang ini; Pojok KITAB SUCI; Mana Mungkin Kau Mendua Hati?

Di tengah kegelapan hidup, setiap orang membutuhkan seberkas cahaya/ terang yang dapat menerangi jalan hidupnya. "Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau ditempatkannya di bawah tempat tidur tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian (lilin), supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya" (Luk. 8:16).


Kata-kata bijak Tuhan Yesus ini dengan mudah dapat dimengerti bahwa orang harus menyalakan pelita dan menempatkannya di atas kaki lilin agar "cahayanya" menyebar dan dapat dinikmati oleh banyak orang sehingga keberadaan pelita itu terasakan manfaatnya.

Ketika Yesus mengajarkan para muridNya bahwa mereka adalah terang dunia, Yesus menghendaki agar KEBERADAAN MEREKA menjadi SESUATU YANG BERARTI DAN BERMAKNA BAGI DUNIA. Dengan sikap, kata dan perbuatan mereka, dunia atau orang lain diterangi, dicerahkan sehingga tidak berjalan dalam kegelapan yang mencelakakan.

Baca juga yang ini; Isu stunting dibahas pada Kursus Persiapan Perkawinan Katolik (KPPK) di Paroki Ekaritis Kudus Ka Redong

Misi kita adalah "menyelamatkan dunia atau orang lain" dengan menjadi terang. Cahaya yang dapat dirasakan dan dialami oleh sebanyak mungkin orang, terutama mereka yang berjalan dalam kegelapan. Sebab kita memang datang dan hadir membawa 'pencerahan"hidup orang lain.
Kapan kita membawa pencerahan, terang, kebaikan itu?? Nasihat bijak penulis Amsal 3:28 bisa menjadi pedoman; "Janganlah engkau berkata kepada sesamamu: 'Pergilah dan kembalilah, besok akan kuberi, sedangkan yg diminta ada padamu". Kalau kita mau menjadi terang/ cahaya/pelita bagi orang lain; mau menjadi berkat bagi orang lain; mau membawa pencerahan untuk org lain JANGANLAH TUNDA atau MENUNGGU BESOK, tetapi BUATLAH SEKARANG JUGA dan DI SINI MEMANG apa yg seharusnya dilakukan!! Dengan bersikap dan berbuat begini, kita telah memancarkan CAHAYA KRISTUS kepada dunia (orang lain).

Baca juga yang ini; Renungan HARIAN KATOLIK: HIDUP adalah jalan panjang penuh peluang

Selamat menjadi pelita, terang dan berkat bagi orang lain. Selamat membawa pencerahan bagi orang lain. Semoga Allah Tritunggal Mahakudus (+) memberkati kita yang selalu membawa terang dan berkat bagi orang lain. Amin.

Posting Komentar

0 Komentar