Header Ads Widget

Renungan Harian KATOLIK; YESUS berwibawa dan berkuasa di hadapan orang banyak, sebab Ia memberikan kesaksian yang paten akan apa yang diajarkanNya

Selasa, 30 Agustus 2022
(Pekan Biasa XXII, St Pammakius)
Bacaan I 1Korintus 2:10b-16
Mazmur Tanggapan Mzm 145:8-9.10-11.12-13ab.13cd-14
Injil Lukas 4:31-37

"Dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat" Luk 4:36
(Quia in potestate et virtute imperat immundis spiritibus...)




YESUS, Tuhan, sungguh berkuasa. Kata-kataNya bermakna. Mencerahkan dan menantang. "Orang-orang takjub mendengar pengajaranNya, sebab perkataanNya penuh kuasa" (Luk 6:32).

Baca juga yang ini; Satu Permenungan dari Seorang Imam Katolik: Kebenaran Itu Tak Akan Pernah Tersekap

ADAKAH hal yang membuat Yesus sungguh berkuasa dan berwibawa dalam tindakan dan pengajaranNya?

Ia berkuasa sebab kuasaNya berasal dari BapaNya. Relasi yang akrab dan intim dengan Bapa adalah kekuatan teramat dahsyat.

Baca juga yang ini; Renungan Harian KATOLIK:  Kerja dan berusaha adalah cara paling wajar untuk cita-cita hidup layak.

YESUS berkuasa dan berwibawa sebab Ia tegas dalam sikapNya terhadap kuasa kegelapan dan roh-roh jahat. Tak ada 'kisah-kisah kerjasama gelap' antara Yesus dan kuasa kegelapan. Iblis adalah pertentangan yang serius dengan segala sikap dan pengajaran Yesus.

YESUS berwibawa dan berkuasa di hadapan orang banyak, sebab Ia memberikan kesaksian yang paten akan apa yang diajarkanNya. Ia tidak hanya mengajar tentang kemiskinan dan tunjukan rasa prihatin kepada yang menderita, tetapi bahwa Ia berbuat sesuatu bagi yang malang nasibnya itu.
KITA harus selalu bertarung untuk bisa tampil berwibawa dan punya aura berkuasa dalam Kasih. Tentu ini tidak berkenaan kesempurnaan yang harus kita miliki sebagai dasar. Dan itu sungguh tak mungkin! Pada tatanan paling dasar, iman dan kepercayaan diri pada Tuhan mesti jadi akar dari segalanya.


DUNIA masih tetap dibayangi oleh kuasa kegelapan. Dan sikap kita? Sekedar bersyukur sebab bukan kitalah yang terserang oleh kuasa kegelapan? Apakah hanya sebatas perang opini dan sambung kisah sana-sini tanpa solusi? Suara kita sungguh dinantikan!

Baca juga yang ini; Renungan Harian KATOLIK; TETAPI, kisah kematian tragis itu mengapa mesti terjadi?

TETAPI, dalam tatanan praksi keseharian, berbahagialah Anda kalian yang unggul dalam kesaksian hidup yang sungguh luar biasa. Anda adalah bagian dari segelintir orang yang sanggup hubungkan kata-kata dan pengajaran dengan kesaksian hidup yang meyakinkan. Dan Anda memanglah pribadi yang berwibawa.

SEBAB Anda 'tidaklah mengusir setan serentak berkarib dengan kegelapan; tidaklah membenci perdamaian serentak memaklumkan kekerasan; tidaklah menyingkirkan pengampunan, serentak bersekutu dengan pembalasan; tidaklah mengenyahkan ketulusan serentak berdansa ria dengan pengkhianatan.'


SEBAB itulah Anda, belajar dari Yesus, "Benar-benar adalah pribadi yang berkuasa dalam kata, sikap hidup dan perbuatan nyata."


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.Amin...

TETAPI, dalam tatanan praksi keseharian, berbahagialah Anda kalian yang unggul dalam kesaksian hidup yang sungguh luar biasa. Anda adalah bagian dari segelintir orang yang sanggup hubungkan kata-kata dan pengajaran dengan kesaksian hidup yang meyakinkan. Dan Anda memanglah pribadi yang berwibawa.


Posting Komentar

0 Komentar