Header Ads Widget

P. Carlos Del Valle, SVD ; Alangkah Bahagianya Hidup Rukun dan Damai

 


Alangkah Bahagianya Hidup Rukun dan Damai

P.Carlos Del Valle,SVD
Rektor Collegio San Pietro,Roma


(menangkap pesan perutusan bagi para student Collegio San Pietro, Roma-Italia)

 P. Kons Beo, SVD

umpungjayasiar.com,Roma. Sejumlah empat puluh tiga (43) imam projo dari berbagai negara dan Keuskupan hari ini,  Kamis, 26 mei 2022, diutus secara resmi dari Rumah Pembinaan Collegio San Pietro Apostolo, Roma. Para imam ini telah menyelesaikan studi lanjut dalam pelbagai bidang ilmu kegerejaan  pada berbagai Universitas Kepausan di Roma.

 

“Hidup itu selalu terarah ke masa depan, tetapi hidup amat berarti ketika kita menoleh ke berbagai kisah yang telah berlalu,” demikian kata Rektot Collegio San Pietro, P. Carlos del Valle, SVD. Sekian banyak kisah dan pengalaman telah dilewati oleh para imam yang telah selesaikan masa studinya. Tetapi bagi seorang kristen, tentu termasuk para imam, “Melihat kembali hari-hari silam hanya terfokus pada dua sikap batin mendasar, yakni sikap bersyukur dan pengampunan (mohon ampun dan mengampuni). Kedua sikap batin ini sungguh bermakna demi menimbah kekuatan demi segala kisah di hari-hari mendatang.”

 

“Universitas telah membekali kalian dengan pengetahuan,” kata P. Carlos, asal Spanyol. “Tetapi Collegio San Pietro ini telah menanamkan dalam dirimu keyakinan akan panggilan,” lanjut mantan misionaris Chile ini. Alam dan irama dan kehidupan bersama di Collegio ini membentangkan dua pilar tangguh bagi citra hidup seorang imam yakni persaudaraan dan perutusan.

 

Hidup bersama dalam rasa persaudaraan yang kokoh adalah landasan yang kokoh bagi perutusan. Demi membangun Gereja Lokal dari mana para imam ini berasal dan mengabdi. Pater Rektor ungkapkan rasa syukur dan terimakasih sebab para imam ini tak hanya sekedar tinggal bersama. Tetapi mereka telah berjuang untuk ‘menunjukkan dirinya sebagai berkat satu terhadap yang lain.’

Foto Roma Italia
Hidup Rukun dan Damai tanda kita adalah Murid-Murid Tuhan

Berkat itu ditunjukkan dalam tugas-tugas kepelayanan. Tidak hanya dalam rumah Collegio tetapi juga dalam pelayanan umat Allah di wilayah-wilayah sekitar dan seputar Italia. “I vostri nomi fanno parte importante nella storia del Collegio. Non saranno soltanto nell’archivio” - Ya, nama-nama kalian adalah bagian penting dari sejarah Collegio ini. Tidak hanya sebatas tersimpan dalam arsip atau dokumen,” Kata mantan Provinsial SVD Chile ini.

 

Kini, adalah saatnya, para imam ini segera akan kembali ke Keuskupan asal atau Gereja Lokal masing-masing. Semua pengalaman sepanjang masa studi dan tinggal bersama adalah kekuatan baru untuk membangun Gereja Lokal. Tetapi tetaplah yang diutamakan adalah iman yang dipilari secara tangguh oleh hidup doa dan perayaan sakramen.

 

“Hidup rukun bersaudara” adalah juga kekuatan bagi para imam. Tidak hanya demi perkembangan hidup pribadi sebagai seorang Imam Tuhan, tetapi terutama juga sebagai jawaban atas dahaga Umat Allah dalam harapan hidup. Tugas para imam kini, bila ditilik dalam spirit dan kharisma Serikat Sabda Allah (SVD), adalah membentuk dan meneguhkan semangat persekutuan Umat Allah dalam visi Triniter.


Pater Rektor Del Valle mengungkapkan pula satu kalimat indah, “Benedetti voi se tornate a casa con la testa chiara e cuore pulito, con la bocca piena di Vangelo di fratellanza” (Berbahagialah kalian jika kalian kembali ke tempatmu, -Rumah, Keuskupan, Umat Allah-, dengan akal budi yang bersinar, hati yang bersih, dan mulut yang berluapan Kabar Gembira tentang persaudaraan).

 

Selamat berbagi sukacita dan harapan bagi dunia dan sesama yang selalu mendambakannya!

 

Verbo Dei Amorem Spiranti

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar